Selamat Pagi!!!
Ungkapan di atas mungkin sering menjadi hiasan di telinga Anda namun banyak yang tidak memahami makna dan bobot dari ungkapan tersebut. Ini juga yang saya alami ketika pencerahan belum datang pada diri saya. Namun saat ini saya merasakan efek yang begitu dahsyat dari ungkapan tersebut. Makna khiasan yang tercipta di dalamnya seolah membuat saya menjadi pribadi yang selalu bersemangat, dan sepertinya selalu tidak puas ketika tidak membuat sebuah perubahan dalam tiap detik kehidupan yang saya lalui. Ungkapan tersebut pula yang member kekuatan untuk saya dapat bertahan menghadapi seluk-beluk tantangan kehidupan.
Oke, tadi itu sekilas pemahaman saya
untuk memotivasi Anda sekalian. Selamat berjumpa kembali dalam situs pribadi
saya di www.suksesjaringan.blogspot.com
yang sebentar lagi akan update dengan domain sendiri. (doa dan peranan Anda
sangat berperan dalam hal ini).
Pada kesempatan ini saya akan sedikit
berbagi pengetahuan tentang “Bagaimana
Melakukan Promosi dalam Jejaring Sosial”.
Memang sepertinya terkesan mudah
melakukan aktivitas promosi melalui jejaring sosial, namun kenyataanya banyak
ranjau berduri yang menghambat promosi Anda untuk menghasilkan ladang gandum
yang berlimpah pada kondisi financial Anda. Bukan mendapat klien yang akan
membeli produk Anda, malah dihujani kekesalan user lainnya karena sembarangan
Tag, atau melakukan aktivitas yang mengganggu kepentingan orang lain. Ide berbagi
artikel ini pun selanjutnya terlintas dipikiran saya ketika seorang sahabat
melakukan request artikel di kolom
yang sudah tersedia di bawah setiap artikel yang saya buat. Tanpa basa-basi,
berikut penjelasannya :
Untuk dapat melakukan aktivitas PROMOSI
yang benar di dalam jejaring sosial tentunya kita harus tau dulu maksud dibalik
kata “PROMOSI”.
Promosi merupakan sebuah aktivitas
menawarkan produk atau jas yang bertujuan untuk menarik perhatian orang lain
untuk membeli, menggunakan, atau bahkan hanya melirik produk atau jasa yang
ditawarkan. Nah, dalam dunia jejaring sosial, sebagai Author/penulis kita merasakan kesenangan tersendiri jika ada
aktivitas nyata pada produk yang kita tawarkan. Saya tidak akan menjadikan
orang lain sebagai contoh. Anggap saja contohnya adalah saya (dalam hal ini
berkaitan dengan promosi Blog). Tentu saja saya melakukan promosi karena ada
maksud dan tujuannya, misalnya menarik banyak pengunjung yang datang merasakan
manfaat dari blog yang saya buat. Lalu selanjutnya, untuk mendapatkan buah dari
promosi tersebut saya tentunya harus meluangkan waktu untuk sekedar
meninggalkan jejak di blog orang lain atau mungkin mengirimkan sebuah pesan
informasi untuk memperkenalkan alamat Blog saya. Yah memang sudah begitu
seharusnya.
Sebenarnya ada banyak cara dalam
berpromosi. Dalam kesempatan ini saya hanya akan memberikan beberapa cara yang
lazim dilakukan para pengguna internet saat ini.
1. Lewat Signature Email
Hahaha …sepertinya cara ini bukan
rahasia lagi bagi para peselancar dunia maya. Teknik ini merupakan salah satu
cara yang cukup ampuh dalam mempromosikan produk atau jasa yang ingin kita
tawarkan. Namun cara ini dapat pula menjadi busuk jika Anda tidak mengikuti
dunia milis yang ramai. Pergunakan kemampuan bersosialisasi Anda dan masuklah
dengan grup berpenghuni banyak anggota untuk memaksimalkan aktivitas promosi
Anda.
2. Lewat Status Yahoo Mesengger
Cara ini memang simple, namun saya
rasa masih kurang efektif. Karena banyak orang yang malas ketika melihat status
yang ditulis hanya alamat blog saja. Dan akibatnya promosi Anda sama sekali
akan diabaikan.
Hahahaha…jangan langsung berkecil
hati bagi Anda yang pernah menggunakan cara ini. Saya berikan sedikit tips yang
mungkin dapat Anda gunakan. Memang prioritas kita adalah berpromosi dalam hal
ini, tapi jika kita hanya menuliskan alamat web dalam status artinya sama
sekali tidak tersirat makna yang akan membuat para pembaca interest atau tertarik pada status Anda. Coba bubuhkan sedikit
makna dalam status Anda, lalu selanjutnya sisipkan alamat web Anda. Jadi
intinya status Anda saat ini berisikan sesuatu yang memiliki daya tarik dan
disisipkan alamat web Anda. Begitulah kira-kira promosi yang biasa saya
lakukan.
3. Lewat Fans Page OpenID, Facebook,
Twitter, dll
Cara ini jauh lebih efektif dari
kedua cara di atas. Memang dalam prakteknya akan sedikit membuang waktu dan
tenaga, akan tetapi hasilnya cukup memuaskan. Mengapa saya katakana cara ini
lebih efektif?
Dalam fans page kita dapat memberikan
setidaknya 40% produk yang sedang kita promosikan. Ada banyak fasilitas yang
memungkinkan kita untuk berinteraksi dengan si calon pembeli. Anda bisa
bercerita melalui gambar, kata-kata, atau yang lebih menarik melalui video
streaming. Jadi si calon pembeli dapat membayangkan garis besar dari apa yang
Anda tawarkan kepada mereka. Namun ada hal yang harus sangat diperhatikan dari
teknik ini. Anda harus senantiasa menjaga kualitas promosi serta konsistensi
Anda dalam berbagi hal yang menarik melalui fans page Anda. Karena jika fans
page yang Anda buat dinilai kurang berbobot atau sama sekali tidak bermanfaat,
maka wajar saya kalau fans page Anda akan sepi pengunjung. Usahakan untuk
selalu menghasilkan karya unik yang menarik serta lakukan pembaharuan berkala
pada fans page Anda.
Kira-kira itu teknik-teknik yang
biasa digunakan para blogger dalam aktivitas promosi.
Namun mengapa sepertinya hasil dari
promosi tidak terlihat meski telah melakukan teknik-teknik tersebut?
Ini hal terakhir yang sangat penting
tapi sering dilupakan oleh para peselancar dunia maya.
Lakukan PROMOSI bukan SPAMMING !
Kebanyakan orang bukan menarik
perhatian malah membuat kesal orang lain dengan print out promosi yang
seringkali memenuhi halaman orang lain. Anda sebagai blogger juga mungkin
pernah merasakan posisi sebagai reader. Tentunya
kita akan sangat terganggu dengan berbagai aktivitas promosi yang selanjutnya
mengarah kepada aktivitas spamming. Yayaya … Sebagai promoter memang terkadang
kita tidak menyadari hal ini, namun efeknya dapat dirasakan oleh para pembaca.
Bagaimana cara mengantisipasinya?
Sebelum kita membahas tentang
bagaimana cara mengantisipasinya, kita harus terlebih dahulu menemukan penyebab
sebuah promosi dianggap sebagai spamming.
Mungkin promosi yang Anda lakukan tidak berada pada
target pasar yang tepat. Contohnya begini …
Anda tidak mungkin mempromosikan
Artikel Kecantikan di dalam komunitas Pecinta Off-Road kan?
Nah, karena itu Anda harus lebih
mengenal produk apa yang Anda tawarkan, lalu sesuaikan kepada orang-orang yang
tepat. Lalu kemungkinan dua adalah promosi Anda terlalu banyak nyangkut di
halaman atau email orang. Sebaiknya berikan tenggang waktu promosi, jangan lakukan setiap saat. Lebih
baik Anda menggunakan waktu tersebut untuk lebih banyak lagi membangun kualitas
produk daripada membuang sampah di halaman orang lain.
Nah, kira-kira begitu penjabaran yang
bisa saya bagikan hari ini. Mohon maaf atas segala kesalahan dan terima kasih
atas bersedianya Anda mengikuti artikel ini.
Selamat Pagi!!!
Salam Sukses - Christian Yohanes
Tidak ada komentar:
Posting Komentar